ENAM PERKARA SEBAGAI KUNCI PEMBUKA SURGA DAN PENUTUP PINTU NERAKA


Makalah ini dari Sahabat 'Ali Karramallahu Wajhah. Beliau berkata : enam perkara yang merupakan kunci pembuka surga dan sekaligus sebagai penutup neraka adalah : 

  1. Mengenal Allah, sesungguhnya Dia adalah Yang Menciptakan, Memberi Rizki, Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Selanjutnya, taat kepada-Nya dengan memenuhi segala perintah2-Nya serta menjauhi segala larangan2-Nya.
  2. Mengenal setan sebagai musuh, lalu mendurhakainya dengan cara melakukan perlawanan dan tidak mengikuti perintah serta ajakan setan.
  3. Mengenal akhirat sebagai negeri tempat kembali yang kekal, lalu berusaha mencari bekal buat keselamatan dan kebahagiaan hidup di sana.
  4. Mengenal dunia sebagai negeri yang akan hancur dan sebagai persinggahan sementara, lalu meninggalkannya dan tidak mengambilnya kecuali sekedar sebagai modal untuk mencapai bekal akhirat.
  5. Mengenal hukum2 yang benar, lalu mengikuti dan menjalankannya.
  6. Mengenal kebatilan, yakni sesuatu yang tidak benar lalu menjauhi dan tidak melakukannya.

Semoga kita semua dapat melaksanakan enam perkara di atas agar kita termasuk golongan orang2 yang menjadi ahli surga. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.

Silahkan di share jika merasa status ini bermanfaat agar Anda juga mendapatkan pahala karena menyebarkan ilmu agama kepada orang lain. 

Sumber : Kitab Nashaihul 'Ibad Karya Syeikh Nawawi Al Bantani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AHLUL MUSIBAH DAN AHLUL 'AAFIYAH

4 KRITERIA WANITA DIJAMIN MASUK SURGA MELALUI PINTU MANAPUN